Erupsi Gunung Kelud, peringatan Allah SWT

Image source: cdn-2.tstatic.net

Coretika - 14 Februari 2014, tepat pada hari yang biasa dinanti-nantikan orang yang mengikutinya: Hari Valentine. Mohon maaf, secara pribadi saya bukan seorang penganut perayaan semacam itu. Dalam agama saya, Islam, tanggal 14 Februari bukanlah suatu yang spesial dan bahkan dianjurkan untuk tidak mengikuti perayaan Hari Valentine yang sebagian besar orang lakukan.

Hari ini saya tidak akan membahas mengenai hingar bingar Valentine di mana ada cokelat, karangan bunga, maupun kado-kado para wanita/pria untuk para pasangannya..melainkan mengenai Peristiwa Meletusnya Gunung Kelud. Ya, di hari yang bertepatan dengan (orang bilang) hari kasih sayang ini, masyarakat Indonesia justru dihebohkan oleh bencana tersebut.

Gunung Kelud terletak di Jawa Timur, akan tetapi abu vulkanik dari letusan gunung mencapai ratusan kilometer dari lokasi gunung. Ini bencana yang tergolong dahsyat, sekaligus sebuah peristiwa yang sangat tidak biasa. Dari pandangan saya memang bencana biasanya bisa terjadi karena ada suatu ketidakpantasan tindakan yang dilakukan masyarakat. Contoh yang tidak asing adalah tindakan korupsi. Karena banyak orang yang "rakus" terhadap harta dan hanya ingin instan mendapatkan kekayaan, banyak pejabat penting yang menempuh jalan pintas untuk kaya, yakni korupsi.

Image source: cdn.klimg.com

Allah SWT adalah pemberi peringatan yang nyata bagi manusia. Dengan adanya korupsi, menurut saya mungkin Allah menjadi murka kemudian Dia datangkan bencana banjir untuk memperingatkan orang-orang rakus alias koruptor. Namun terkait dengan bencana yang sedang dialami masyarakat Indonesia sekarang, yakni erupsi Gunung Kelud, statement saya di atas tidak berlaku. Menurut dugaan saya, alasan Allah memberikan bencana erupsi ini mungkin bukan untuk mengingatkan banyaknya orang rakus tapi lebih karena banyaknya umat muslim yang masih saja meniru perayaan orang-orang non muslim. Apa itu? Tidak lain dan tidak bukan adalah Hari Valentine.

Bangsa Indonesia adalah bangsa dengan penganut muslim terbesar. Namun, saya heran mengapa banyak yang mengikuti (mohon maaf) adat non muslim. Jadi menurut saya mungkin inilah alasan didatangkannya bencana Gunung Kelud. Allah SWT mungkin ingin memberikan peringatan pada para muslim "pengikut" Valentine agar kembali pada agama Islam murni dan tidak ikut-ikutan merayakan yang bukan budaya muslim. Hal ini sangat sesuai dengan pernyataan saya di pertengahan artikel tadi bahwa Allah SWT adalah pemberi peringatan yang nyata bagi manusia, khususnya bagi seluruh umat muslim Indonesia. Saya rasa itu saja opini saya mengenai bencana Gunung Kelud. Semoga ini hanya menjadi renungan pribadi muslim sejati tanpa merusak perdamaian antar umat beragama di Indonesia. Amiiiinn...

By: Coretika

0 Response to "Erupsi Gunung Kelud, peringatan Allah SWT"

Posting Komentar